Tahukah Anda Perbedaan Antara Akuntansi Keuangan & Akuntansi Manajemen?

Ilmu akuntansi kini semakin berkembang. Pada mulanya, ilmu akuntansi hanya bertujuan untuk menyusun laporan keuangan pada periode tertentu untuk mengetahui kondisi keuangan suatu perusahaan. Hal tersebut biasanya sering disebut sebagai akuntansi keuangan.

Namun sekarang fungsi akuntansi tak hanya terbatas pada hal tersebut. Dengan dilatarbelakangi oleh kebutuhan perusahaan yang semakin dinamin, akuntansi tidak hanya digunakan untuk mengetahui laporan untung/rugi tapi juga digunakan untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan yang kemudian terciptalah akuntansi manajemen.

Perbedaan mendasar antara akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen

Tujuan

Perbedaan mendasar dari kedua jenis akuntansi ini adalah tujuannya. Akuntansi keuangan memiliki tujuan untuk memberikan informasi keuangan perusahaan kepada pihak eksternal perusahaan. Pihak eksternal perusahaan membutuhkan informasi tersebut untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan agar mereka bisa memutuskan hubungan kerja seperti apa yang harus mereka bangun.

Sedangkan tujuan akuntansi manajemen adalah menyediakan laporan kondisi keuangan untuk kebutuhan internal perusahaan itu sendiri. Informasi ini nantinya dapat digunakan perusahaan untuk menentukan langkah atau strategi selanjutnya demi perkembangan perusahaan

Periode

Selain dari tujuannya, kedua akuntansi ini juga berbeda dalam hal periode pembuatannya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, akuntansi keuangan bertujuan untuk menghasilkan yang ditujukan pada pihak eksternal perusahaan, maka dari itu, pembuatan laporan ini sangat efektif dalam jangka waktu tertentu seperti setiap seminggu sekali, sebulan sekali atau bahkan setahun sekali.

Sementara itu, akuntansi manajemen tidak berpatok pada rentang waktu tersebut. Dengan kata lain, akuntansi manajemen cenderung lebih fleksibel. Misalnya ketika perusahaan tiba – tiba mengalami masalah yang berpengaruh terhadap masa depan perusahaan, maka akuntansi manajemen aka sangat diperlukan untuk dapat mengambil keputusan penting secara cepat dan tepat.

Ruang Lingkup

Ruang lingkup untuk akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen juga tidaklah sama. Karena akuntansi keuangan di tujuan untuk pihak eksternal keuangan, maka biasanya ruang lingkup dalam laporan biasanya meliputi laporan rugi/laba, neraca, jurnal, serta perubahan modal atau ekuitas.

Sedangkan ruang lingkup akuntansi manajemen cenderung lebih singkat. Tidak harus menghitung keseluruhan keuangan tetapi hanya pada sektor tertentu yang memang saat itu sedang dibutuhkan.


Jadi ilmu akuntansi bukanlah hanya sekedar pada menghasilkan laporan keuangan untuk mengetahui kondisi rugi/laba semata, namun juga berperan dalam pengambilan keputusan demi kemajuan perusahaan.
Tahukah Anda Perbedaan Antara Akuntansi Keuangan & Akuntansi Manajemen? Tahukah Anda Perbedaan Antara Akuntansi Keuangan & Akuntansi Manajemen? Reviewed by Unknown on 09.45 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.